Rabu, 15 Mei 2013

Memanfaatkan internet untuk belajar median


Salah satu kegunaan internet adalah penyedia sumber belajar. Berikut ini adalah RPP suatu pendekatan konstruktivisme yang membahas materi tentang median.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

                 Mata Pelajaran       : Matematika
            Kelas / Semester     : XI IPA / Genap

Standar Kompetensi
8.menentukan sifat median serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.


Kompetensi Dasar
8.2 Melakukan operasi hitung median.
8.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan median.

Indikator
8.1.1 Mendreskipsikan pengertian median.
8.1.2 menemukan sifat-sifat median.
8.1.3 menentukan rumus median data berkelompok.
8.1.4 menghitung median data tunggal dan data berkelompok

Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (1 pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan median dalam kenyataan.
2. Siswa dapat menemukan sifat-sifat median.
3. Siswa dapat menghitung median data tunggal dan data berkelompok.
4. Siswa dapat menemukan rumus median data berkelompok.

B.Materi Pembelajaran
      Median

C.Metode Pembelajaran
    Pendekatan Belajar : Konstruktivisme
      Metode Belajar : Diskusi,tanya jawab,pemberian tugas,dan kuis serta kooperatif menggunakan internet.

D.Langkah-langkah Pembelajaran
      Pendahuluan
·         Mengingatkan kembali tentang pengertian median melalui tanya jawab guru terhadap siswa hasil survay
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti
   a.Eksplorasi
1.  Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi tentang median melalui media flash di bawah ini
Media flash tersebut berdurasi kurang dari satu menit, memberikan ilustrasi real cara menentukan median dengan menggunakan contoh secara nyata.
2.    guru dapat mengajak siswa bermain kuis matematika berkaitan dengan median. Dapat ditemukan di ixl.com ini. Tepatnya di http://www.ixl.com/math/grade-6/calculate-mean-median-mode-and-range.
3.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan suatu kuis yang diberikan.
      4.    Guru melibatkan siswa dalam membahas contoh . Sumber   belajar matematika, khususnya median ini dapat juga dibawa dari situs http://cihomath.blogspot.com/2013/05/median.html

b.Elaborasi
1.     Melalui diskusi dan tanya jawab guru dan siswa membahas definisi dan sifat median.
2.    Melalui diskusi siswa menemukan rumus median data berkelompok.
3.    Secara berkelompok siswa mengerjakan latihan soal terbimbing yang terdapat di http://cihomath.blogspot.com/p/1.html
4.    Guru berkeliling memberikan bantuan seperlunya.
5.    Guru membahas soal yang dianggap sulit

       c.Konfirmasi

1.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan menyajikan data yang diperoleh.
2.    Siswa mengerjakan tugas kuis individu yang diberikan guru agar dapat mengetahui daya serap individu. Tugas kuisnya dapat dilihat di http://cihomath.blogspot.com/p/soal-kui.html
3.    Setelah waktu yang diberikan untuk mengerjakan kuis selesai, guru menyuruh siswa  untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
4.    Setelah mempelajari materi median ini, siswa dapat bermain berbagai kuis online. Berikut ini adalah daftar situs yang dapat memperkaya pemahaman siswa mengenai median.
Kegiatan Penutup
1.     Siswa diminta memberikan kesimpulan tentang materi hari ini.
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.
3.    Guru memberikan PR yang dapat dilihat di http://cihomath.blogspot.com/p/pr.html

E.Media dan Sumber Belajar
     1.     Komputer
     2.    Internet


                                                                             Palembang,     Mei 2013
                                                     
                                                                            Cyntia Rani P
                                                                            06111408014





Tidak ada komentar:

Posting Komentar