Kamis, 25 April 2013

Apa itu kalkulus ?


Yap, langsung menuju ke topik...Apa itu kalkulus? Kalkulus itu adalah salah satu cabang dari ilmu matematika dimana kalkulus sendiri juga terdiri dari dua cabang lagi : Kalkulus Diferensial danKalkulus Integral. Kedua cabang ini saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Kalkulus ini sendiri dipakai secara luas dalam sains, ekonomi, dan teknik bahkan dapat memecahkan masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan ilmu aljabar yang amat dasar.

Dari penjelasan diatas, bisa diketahui kalau Diferensial(turunan) dan Integral(naikan) merupakan bagian dari kalkulus, saya sendiri baru menyadari kalau Differensial dan Integral yang saya pelajari di SMA waktu itu merupakan bagian dari Kalkulus, walaupun itu cuma dasarnya saja. Memang dianjurkan untuk mempelajari diferensial dan integral dasar sebelum ke tahap selanjutnya. Saking pentingnya kalkulus ini, hampir semua (atau bahkan semua) jurusan di Perguruan Tinggi memasukkan 'Kalkulus' di mata kuliah mereka..waw

Karena pentingnya kalkulus ini, maka sebagai mahasiswa yang baik haruslah dapat menerima mata kuliah ini apa adanya dan selalu bersemangat dalam mempelajarinya walaupun 'agak' membuat stress...:D

Satu lagi sebelum postingan ini berakhir, adapun yang bakal dipelajari di mata kuliah ini adalah :

·         Koordinat Grafik dan Garis; Bilangan real dan garis bilangan, nilai mutlak, petidaksamaan, garis, lingkaran, parabola, fungsi dan grafik, identifikasi fungsi. 
·         Limit dan Kontinuitas; Garis singgung dan laju perubahan, aturan dan teknik menghitung limit, definisi limit fungsi, Fungsi kontinu. 
·         Diferensial Turunan; Turunan suatu fungsi, aturan turunan, aturan rantai dan persamaan parametric, Turunan fungsi implisit, Notasi Delta.  
·         Aplikasi Turunan; Laju-laju yang berkaitan, Penentuan interval naik, turun serta kecekungan fungsi, Nilai maksimum/minimum fungsi, Teorema nilai ratarata. 
·         Integral: Integral tertentu, Teorema Fundamental Kalkulus Pertama dan aplikasinya, menghitung luas di bawah kurva.

Sumber : http://vvilikvv.blogspot.com/2011/08/apa-itu-kalkulus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar