RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : SMP Negeri 1
Palembang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VIII / Genap
Standar
Kompetensi
8.menentukan
sifat dari kubus,balok,prisma,dan limas serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi
Dasar
8.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus,balok,prisma,dan limas serta
bagi-bagiannya.
8.2
Melakukan operasi hitung luas permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan
limas.
8.3Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ,balok,prisma,dan limas.
Indikator
8.1.1 Mendreskipsikan pengertian
kubus,balok,prisma,dan limas
8.1.2 Melukis
kubus,balok,prisma,dan limas
8.1.3 menemukan sifat-sifat
kubus,balok,prisma,dan limas
8.1.4 menentukan rumus luas
permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan limas
8.1.5 menghitung luas
permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan limas
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (1 pertemuan)
A.Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat
mendeskripsikan kubus,balok,prisma,dan limas dalam kenyataan
2. Siswa dapat melukis
kubus,balok,prisma,dan limas
3. Siswa dapat menemukan
sifat-sifat kubus,balok,prisma,dan limas
4. Siswa dapat menghitung
luas permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan limas
5.
Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan
limas
B.Materi
Pembelajaran
Kubus,balok,prisma,dan limas.
C.Metode Pembelajaran
Diskusi,ceramah,tanya jawab,pemberian tugas,dan kuis
D.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
·
Mengingatkan
kembali tentang pengertian kubus,balok,prisma,limas melalui tanya jawab guru terhadap
siswa hasil survay
·
Guru
menginstruksikan siswa menyiapkan peralatan melukis
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
1. Guru memberikan stimulus berupa pemberian
materi tentang kubus,balok,prisma,dan limas.
2. Guru memberikan soal ringan tentang kubus,balok,prisma,limas.
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan suatu soal yang diberikan.
4. Guru melibatkan siswa dalam membahas contoh
dalam Buku
b.Elaborasi
1. Melalui diskusi dan tanya jawab guru dan siswa
membahas definisi dan sifat kubus,balok,prisma,limas.
2. Melalui diskusi siswa melukis kubus,balok,prisma,limas..
3. Melalui diskusi siswa
menemukan rumus luas permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan limas.
4. Melalui diskusi siswa
menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok,prisma,dan limas.
5. Secara berkelompok siswa
mengerjakan latihan soal terbimbing
6. Guru berkeliling memberikan
bantuan seperlunya.
7. Guru membahas soal yang dianggap sulit
c.Konfirmasi
1. Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan
menyajikan data yang diperoleh.
2. Siswa mengerjakan tugas kuis
individu yang diberikan guru agar dapat mengetahui daya serap individu.
3. Setelah waktu yang diberikan
untuk mengerjakan kuis selesai, guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
Kegiatan Penutup
1. Siswa diminta memberikan kesimpulan tentang
materi hari ini.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi kegiatan
pembelajaran.
3. Guru memberikan PR (terlampir).
E.Sumber
Belajar
1. Buku paket Matematika kelas VIII semester 2
2. LKS Matematika kelas VIII semester 2
F.Penilaian
Jenis Tagihan : Kuis
Bentuk Tagihan : Uraian
Palembang, Juni 2012
Mengetahui,
Guru Mata pelajaran matematika
Kepala SMP Negeri 1 Palembang
Tania Putri,S.Pd
Cyntia Rani P,S.Pd
NIP.891729303810138
NIP 06111408014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar